Postulat Postulat Dalam Fisika

Postulat Teori Kinetik Gas


            Hukum Boyle “Apabila volume gas didalam ruang tertutup dimampatkan hingga tinggal setengah, maka tekanan akan menjadi dua kali lipat”. Teori kinetic gas dapat menjelaskan hukum Boyle dimana saat volume dimampatkan menjadi setengahnya bearti konsentrasi gas menjadi dua kali lipat yaitu yang bearti jumlah molekul gas yang menumbuk dinding sebanyak dua kali lipat pula.
Postulat: Disini teori kinetic gas tesebut menggunakan anggapan dasar bahwa molekul gas itu merupakan suatu benda yang kenyal (tidak pecah) sewaktu mengadakan tumbukan, baik tumbukan dengan dinding maupun dengan sesama molekulnya. Sebab bila sampai pecah, partikel yang menumbuk tidak proporsional dan hukum menjadi tidak berlaku.

Postulat Teori Relativitas Einstein


            Einstein mengemukakan dua postulat yaitu:
1.      Hukum-hukum fisika memiliki bentuk yang sama pada semua kerangka acuan inersial.
2.      Cahaya yang merambat di ruang hampa dengan kecepatan c = 3 x m/s adalah sama untuk semua pengamat dan tidak bergantung pada gerak sumber cahaya maupun kecepatan pengamat.


Postulat-postulat dasar mekanika kuantum

1.      Representasi Keadaan Kuantum
Keadaan sistem fisis mikroskopik (system kuantum) diwakili oleh fungsi gelombang Ѱ(. t) yang mengandung informasi yang lengkap tentang system kuantum tersebut
2.      Nilai Harap Operator
Pengukuran besaran fisika diwakili oleh operator hemitean  pada keadaan Ѱ(. t) memungkinkan penentuan nilai eigen’  operator tersebut secara pasti. Persamaan nilai eigen untuk operator  adalah
 (. t) =  (. t)
3.      Evolusi Sistem Kuantum
Keadaan kuantum Ѱ(. t) berevolusi terhadap waktu menurut persamaan Schroedinger
ih Ѱ(. t)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN TAKSONOMI BLOOM SEBELUM DAN SETELAH REVISI

STRATEGI PEMBELAJARAN INDUKTIF DAN DEDUKTIF

STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI